Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Berminyak

Posted by Unknown Sabtu, 19 Mei 2012 1 komentar

Hay,, guy's and lady's,, mudah"an artikel ini bermanfaat, bagi kalian yang membaca...

Cara Merawat Kulit Berminyak - Kulit berminyak adalah masalah serius bagi banyak orang. Kulit wajah dengan minyak yang berlebihan dapat menutup pori-pori kamu dan menyebabkan timbulnya masalah jerawat. Banyak sekali penyebab dari kulit berminyak ini, dibawah ini ada beberapa alasan kenapa kulit menjadi berminyak karena beberapa faktor berikut.

Penyebab Kulit Berminyak

Pola makan yang buruk adalah faktor utama kulit berminyak. Terlalu banyak makan makanan yang manis dan lemak tinggi dapat mengakibatkan banyaknya lemak didalam tubuh sehingga kadar minyak dalam tubuh juga meningkat.

Hormon juga menjadi faktor besar kulit berminyak. Hormon yang tidak seimbang pada masa puber, terlalu banyak produksi sebum (minyak di bawah kulit) sebagai hasil tingkat hormon yang tak menentu akan menjadi pemicu kulit berminyak. Faktor lain yang sering terjadi adalah kesalahan dalam penggunaan kosmetik. Memilih kosmetik yang tidak tepat bisa mengakibatkan kadar minyak meningkat.

Gen atau faktor keturunan setidaknya untuk kebanyakan kasus juga menjadi penyebab. Orang tua yang memiliki masalah kulit berminyak akan diwarisakan ke anak-anaknya. Obat-obatan seperti obat KB juga dapat memicu kulit berminyak.

Bagaimana mengatasi kulit berminyak agar wajah tetap terlihat segar tanpa adanya komedo, penampilan tetap menarik dan rasa percaya diri semakin meningkat karena terhindar dari bekas jerawat atau faktor lain yang merusak penampilan anda, yang semuanya itu berawal dari kulit berminyak. Dibawah ini adalah beberapa tips merawat kulit berminyak hasil jalan-jalan di pencarian google.

Cara Merawat Kulit Berminyak

Membasuh wajah dengan air hangat sehingga sabun menghilangkan minyak dan kotoran dari wajah dan juga mempercepat keseluruhan proses sehingga dapat menghentikan pengeluaran minyak yang berlebihan. Jadi secukupnya saja, jangan berlebihan, untuk menghindari kulit kering yang dapat menyebabkan kulit bersisik serta menyebabkan minyak hilang secara berlebihan.

Untuk membantu pergantian kulit dan menjaga kelembaban kulit maka hindari sabun yang mengandung alkohol. Jadi pilihlah yang sabun yang terbuat dari bahan alami seperti sabun sulfur misalnya atau sabun lainnya yang terbuat dari bahan dasar minyak zaitun, almond dan alpukat.

Hindari mencuci wajah secara berlebihan (keseringan). Ini bisa menyebabkan hilangnya sebum, terjadinya Reactive Seborrhea. Kulit berubah jadi kering, bersisik, dan menyebabkan gatal. Jadi sekali dalam sehari saja mencuci wajah dengan sabun berbahan dasar alami.

Perhatikan setiap pelembab yang anda ingin gunakan, walaupun bagi kebanyakan orang pelembab itu begitu penting. Sesuaikan pelembab dengan kulit anda dengan memberikan perhatian khusus pada tipe bahan yang terkandung didalam pelembab tersebut. Hindari pelembab berbahan kimia atau sintetis yang dapat memicu rekasi alergi, dehidrasi, dan jerawat. Jika keseimbangannya tak sesuai malahan akan menyebabkan keluarnya minyak berlebihan.

Diet untuk mengecilkan perut merupakan faktor paling besar dalam masalah kulit berminyak. Kebanyakan orang akan memilih untuk melawan kondisi semacam ini secara langsung. Biasanya dengan berupaya menghilangkan minyak sama sekali, dengan menggunakan sabun keras yang konsentrasi larutan alkalinya tinggi. Cara ini seringkali justru menyebabkan masalah yang kurang sehat lalu malah menyebabkan kulit lebih berminyak.

Mengatasi Kulit Berminyak secara Alami

Menggunakan daun seledri, selain untuk obat darah tinggi juga mampu mengurangi kadar minyak. Ambil daun Seledri secukupnya lalu dipotong kecil-kecil dan masukan ke dalam panic yang sudah dimasuki air mendidih selama 15-20 menit. Angkat dan biarkan selama 20-30 menit sampai dingin. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering hingga meresap pada wajah, kemudian cuci dengan air bersih. Lakukan sekali dalam 2 hari untuk hasil yang maksimal.

1 komentar:

krozbonek mengatakan...

makasih infonya gan, susah merawat kulit berminyak.

Posting Komentar