34 Fakta Tentang Ciuman

Posted by Unknown Sabtu, 19 Mei 2012 0 komentar


http://semuaunik.info/wp-content/uploads/2012/03/bbfe7__couple_firstkiss.jpgApa sih, istimewanya sebuah ciuman? Mengapa orang-orang di negara Barat sering sekali berciuman, dan sangat ekspresif dalam melakukannya? Dan, meskipun banyak yang mengatakan bahwa berciuman adalah bagian dari “budaya Barat”, tetapi toh sampai sekarang orang Barat masih sering membahas soal ciuman. Bahkan, dari persoalan mendasar seperti bagaimana cara berciuman yang enak.

Anda mengira telah punya pengetahuan cukup banyak soal ciuman? Tunggu dulu, silakan baca fakta-fakta unik seputar berciuman ini, berikut simak 42 Fakta Tentang Ciuman :


1. Bagaimana posisi berciuman yang asik?
Anda yang belum menemukan posisi yang pas? Mungkin bisa mengambil inspirasi dari fakta ini: Dua dari setiap tiga pasangan menelengkan kepala ke kanan ketika berciuman.

2. berciuman Menggunakan Otot Wajah
Kita mencium menggunakan satu otot wajah, orbicularis oris, yang berfungsi menggerakkan bibir untuk mencium. Satu kecupan ringan hanya menggunakan dua otot ini. Namun ketika Anda melancarkan ciuman yang penuh gairah, Anda menggunakan seluruh 34 otot pada wajah. Maka, sering-seringlah berciuman agar wajah Anda tetap kencang.

3. Ciuman Tidak Berbekas
Sama halnya seperti sidik jari atau kepingan salju, tidak ada dua jejak bibir yang mirip.

4. Berciuman Membuat Manusia Sehat
Bercumbu baik untuk menyembuhkan rasa sakit. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas berciuman bisa meningkatkan kekencangan kulit, membantu sirkulasi darah, mencegah gigi berlubang, bahkan bisa mengusir sakit kepala.

5. Rata-rata orang menghabiskan 336 jam dari seluruh kehidupannya
untuk berciuman
Rata-rata orang menghabiskan 336 jam dari seluruh kehidupannya untuk berciuman. Entah berapa lamanya waktu yang digunakan untuk berciuman setiap hari. Rekor ketahanan mencium sendiri dipegang oleh pasangan Rich Langley dan Louisa Almedovar, yang mampu berciuman selama 30 jam dan 59 menit.

6. Tanda “X” mewakili Berciuman?
Sebagian orang senang menuliskan huruf “X” sebagai tanda ciuman, yang biasanya dicantumkan pada akhir surat. Huruf “X” ini diawali pada abad pertengahan, ketika orang yang tidak bisa membaca menggunakan tanda “X” sebagai tanda tangan. Mereka lalu mencium tanda ini sebagai tanda ketulusan. Akhirnya, “X” itu lalu dianggap mewakili ciuman itu sendiri.

7. Berciuman membutuhkan Mental
Butuh kegiatan yang memacu adrenalin? Berciuman saja. Aktivitas ini melepaskan neurotransmitter yang pada otak, yang juga terjadi saat kita melakukan aksi mendebarkan dengan terjun payung, bungee jumping, atau berlari.
8. Rata-rata perempuan Mencium 29 Pria sebelum menikah
Bila pria mengaku pernah berhubungan seks dengan lima wanita, itu artinya ia sebenarnya baru bercinta dengan dua wanita. Sebaliknya, wanita yang mengaku hanya pernah berhubungan seks dengan dua pria, sebenarnya dia telah bercinta dengan lima pria. Begitu yang sering dikatakan banyak orang. Entah apa yang akan dikatakan pria bila mengetahui bahwa rata-rata perempuan mencium 29 pria sebelum ia menikah.

9. Berciuman Memberikan Semangat yang tinggi
Pria yang mencium pasangannya sebelum berangkat ke kantor rata-rata memiliki penghasilan yang lebih tinggi dari pada mereka yang tidak melakukannya. Ayo, mulai sekarang cumbu pasangan Anda sebelum ia keburu berangkat!

10. Film Hollywood Rata=rata mengandung adegan Ciuman
Film-film Hollywood banyak menampilkan adegan ciuman yang penuh gairah. Ciuman terlama yang pernah ada dalam sejarah perfilman adalah antara Jane Wyman dan Regis Tommey dalam film You’re in the Army Now (1941). Ciuman mereka berlangsung 3 menit dan 5 detik. Apakah itu sudah termasuk yang harus diulang saat take per take, atau saat rehearsal, ya?

11.Hewan juga berciuman! 

Ciuman merupakan sesuatu yang datang secara alamiah, tanpa perlu dipelajari. Sama seperti bayi yang baru lahir, mencari puting susu ibunya tanpa harus diarahkan. Tak hanya manusia, saling kecup bibir juga dilakukan sejumlah hewan. Bonobos, sejenis simpanse dari Kongo, diketahui dapat berciuman selama 12 menit non-stop. Begitu pula dengan beberapa jenis ikan.

Ciuman memang dapat dilakukan dengan mengikuti insting, tapi Anda dapat mempelajari teknik-teknik untuk membuat ciuman Anda terasa lebih mengesankan .

12. Tradisi ciuman di seluruh dunia

Kissing is universal. Nyaris di seluruh belahan dunia, kecup-mengecup dilakukan. Kecuali di beberapa suku di Afrika Selatan yang menganggap ciuman sebagai hal yang menjijikkan.
Orang-orang Eskimo punya cara tersendiri untuk berciuman. Tidak dengan bibir, tapi dengan menggosokkan hidung satu sama lain. ‘Ciuman’ dengan hidung juga dilakukan suku Inuit di Kanada dan Maori di New Zealand. Dengan hidungnya, mereka menghirup bagian antara hidung dan bibir atas pasangannya kencang-kencang.

13. Ciuman pertama, paling mengesankan

Para peneliti dari Butler University menyebutkan, manusia cenderung lebih mengingat first kiss Moment ketimbang pertama kali melepas keperawanan atau keperjakaannya. Sensasi kimia dalam tubuh yang dihasilkan saat berciuman, diduga menjadi penyebab mengapa ciuman pertama begitu mudah untuk dikenang.
Tekanan dan rangsangan di bagian bibir saat berciuman, mampu melepaskan hormon oxytocin. Hormon ini seringkali disebut love hormone yang menghasilkan perasaan gembira dan terikat pada seseorang. Maka tak heran, melihat pasangan yang sedang kasmaran atau ibu dan bayinya berciuman, seketika terasa heart-melting.

14. Ciuman bisa bikin ketagihan

Anda pernah merasa seolah tak ingin berhenti menciumi si dia? Salahkan pada Hormon dopamine yang muncul di otak Anda saat berciuman. Zat kimia yang satu ini meningkat selama Anda berciuman dan membuat Anda terobsesi pada pasangan. Tapi dopamine juga berbahaya, karena kemunculannya semakin meninggi saat Anda berciuman dengan pasangan baru atau orang yang belum pernah Anda cium sebelumnya. Inilah hormon alamiah yang seringkali mendorong seseorang pada perselingkuhan.

15. Ciuman bukan hanya masalah kimia
Dua orang asing secara kebetulan mungkin menemukan dirinya saling tertarik. Mereka lebih sering berciuman, hubungan mereka tumbuh karena hubungan emosional dan suasana, kata Kirshenbaum.

"Agar ciuman terasa hebat pahamilah kebutuhan dan keinginan pasangan, tidak ada satu rumus yang cocok untuk semua itu," katanya.

Lalu bagaimana agar ciuman terasa hebat bagi pasangan? Fokuslah dimana Anda meletakkan tangan atau bagaimana mengatur mood, lalu secara naluri semua akan mengalir dan Anda merasa nyaman dan aman. Itu adalah bagaimana mengekspresikan bagaimana perasaan Anda pada pasangan.

16. Lokasi tepat untuk dicium
"Hal ini mungkin tergantung pada siapa Anda bertanya dan itu dipengaruhi budaya", kata Kirshenbaum. Pelajaran seks terkenal dari India, Kama Sutra akan menyarankan bibir, serta bagian dalam mulut, payudara, tenggorokan dan tempat lain di wajah.

Ilmu lain juga memberi beberapa petunjuk, ternyata sentuhan di bibir sangat berpengaruh dibandingkan dengan lokasi lain dari tubuh kita.

"Hanya sentuhan ringan dapat merangsang bagian yang sangat besar dari otak, bahkan lebih luas dari yang diaktifkan oleh rangsangan seksual di bawah perut," tulis Kirshenbaum.

17. Manusia telah berciuman sejak berabad-abad lalu
"Bukti sastra, teks-teks Sansekerta Weda India membuktikan bahwa manusia sudah berciuman sejak 3.500 tahun lalu," kata Kirshenbaum.

Meskipun tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti mengapa orang melakukannya, ciuman mungkin telah berevolusi sejak praktek manusia purba.

"Tekanan dan stimulasi dari bibir menghasilkan hormon yang membuat kita merasa nyaman seperti oxytocin, yang sering disebut hormon cinta atau ikatan. Jadi sejak kita bayi sampai dewasa kita menikmati sensasinya," papar Kirshenbaum.

18. Ciuman adalah suatu hal yang universal
Hampir semua manusia merasa berciuman adalah sesuatu yang universal. Namun ternyata tidak semua manusia. Menurut Helen Fisher, seorang antropolog mengatakan, suku-suku Afrika Selatan merasa berciuman adalah hal yang menjijikkan dan bahwa sebelumnya tidak diketahui antara orang-orang di bagian Timur Afrika dan Amerika Selatan.

Namun, budaya yang tak mengenalnya melakukan hal-hal tentang berciuman seperti menjilat, menghisap atau pukulan di wajah seorang kekasih sebelum hubungan intim, Kirshenbaum menulis.

19. Lelaki lebih suka lidah daripada perempuan
Ingat Film "Sex and the City" saat Charlotte merasa jijik ketika salah satu kencannya mulai menjilati wajahnya? Itulah perbedaan nyata antara bagaimana lelaki dan perempuan berciuman.

Ada kesenjangan jender; lelaki cenderung suka ciuman yang basah, ciuman mulut terbuka, dan perempuan tidak suka jika terlalu banyak lidah dan basah. Ada alasan lelaki melakukannya, sebuah mulut terbuka memungkinkan lelaki meningkatkan libido melalui air liur mereka.

20. Arti ciuman berbeda bagi lelaki dan perempuan
Tidak diragukan lagi, lelaki dan perempuan sama-sama menyukai ciuman. Namun lelaki dan perempuan mengartikan ciuman secara berbeda. Saat perempuan mencium lelaki, dia bisa merasa, inikah lelaki yang tepat?

Sedangkan lelaki bisa menganggap ciuman hanya sebagai seks semata. Itulah mengapa seringkali PSK (Pekerja Seks Komersial) tidak pernah mencium kliennya.

"Lelaki dapat mencium hanya sebagai sarana untuk mencapai tujuan," kata Kirshenbaum.
"Sementara itu perempuan melihat ciuman untuk menilai status hubungan."

21. Kesan pertama sangat penting
Sebuah survei di Albany menemukan, 59 persen lelaki dan 66 persen perempuan mengakhiri hubungan karena ciuman pertama yang buruk. Aktivitas ini melepaskan bahan kimia yang terkait dengan ikatan romantis dan emosional (oksitosin) dan kesenangan (dopamin). Berciuman adalah suatu cara yang baik merangsang oksitosin.

22. Aroma memegang peranan penting
"Kebersihan adalah hal penting bagi setiap orang karena itu adalah indikator pertama apakah hubungan ini layak diperjuangkan atau tidak," kata Kirshenbaum. "Jika Anda khawatir bahwa Anda kehilangan pasangan Anda, pakailah parfum atau mandilah. Namun jika Anda menghabiskan cukup waktu dengan seseorang, Anda akan mencium aroma alami tubuh mereka dan akan menyukainya dari waktu ke waktu."
  
23. Berciuman itu ekstra sehat!
Pasangan yang berciuman saling menukarkan zat seperti lemak, mineral, dan protein pada saat berciuman. Hal ini akan mendorong pembuatan antibodi, yang akan digunakan untuk melawan berbagai macam penyakit

24. Menutup mata saat berciuman
66 persen pasangan menutup mata saat berciuman, sedangkan sisanya sangat menikmati bagaimana emosi menjalari wajah pasangan mereka.

25. Berciuman Membakar kalori
Ciuman romantis akan membakar 2-3 kalori, sementara French Kiss akan membuang 5 kalori, dengan kata lain, semakin sering anda berciuman, semakin banyak kalori anda terbakar.

26. Bibir Super sensitif
Sensitifitas bibir 200 kali lebih tinggi daripada jari anda!

27. Hiudp lebih lama dengan ciuman
Para pria yang mencium istrinya sebelum berangkat kerja, akan memiliki usia 5 tahun lebih lama, sedangkan pria yang hanya menutup pintu ternyata lebih cenderung terlibat masalah kecelakaan di jalan.

28. Panjang umur dengan ciuman
Berciuman penuh gairah selama 90 detik akan mengangkat tekanan darah dan meningkatkan detak jantung. Hal ini juga akan meningkatkan level hormon dalam darah, jadi akan menambah usia 1 menit! Mau panjang umur? Sering-sering berciuman ya!

29. Tipe ciuman paling nikmat
French Kiss adalah tipe ciuman yang disebut sebagai ‘jembatan jiwa’, dalam ciuman tipe ini, bukan hanya bibir yang bergerak, tapi lidah juga lho!

30. Berciuman dilarang
PDA (Public Display of Affection), termasuk berciuman, biasanya kurang diterima di Jepang, Taiwan, Cina dan Korea (juga di negara kita kan). Di Jepang, sebelum berciuman, mereka harus menjaga jarak, saling membungkuk, barulah kemudian berciuman di bibir selama sedetik!

31. Ciuman lebih baik dari pada memakai narkoba
 Tubuh mereka yang berciuman akan memproduksi suatu zat yang memiliki kekuatan 200 kali lipat morfin. Oleh karena inilah, mereka yang berciuman seringkali merasa kebahagiaan dan kegembiraan yang luar biasa.

32. Membuat Rileks
Berciuman bikin anda rileks dan mengurangi stress! Anda stress? Cium dong rekan kerja Anda! 

33. Unik !
Sepanjang hidupnya, manusia rata-rata menghabiskan waktu selama dua minggu untuk berciuman

34. Ciuman Usia Muda
50% orang di dunia ini, pertama kali merasakan ciuman penuh cinta di bawah 14 tahun! 

0 komentar:

Posting Komentar