Memasang Script Anti Klik Kanan Untuk Melawan Pencurian Konten Artikel

Posted by Unknown Sabtu, 19 Mei 2012 0 komentar
Script anti klik kanan merupakan salah satu senjata rahasia seorang blogger untuk melindungi karyanya yang berupa artikel, posting maupun konten blog lainnya. Dengan maraknya pencurian konten blog oleh sesama blogger maupun pihak lain, penggunaan javascript disable klik kanan dirasa mampu untuk melindungi konten blog dari perilaku copy paste tanpa ijin.
Untuk melawan pencurian konten artikel, seorang blogger wajib melindungi konten tersebut dari kaum copaser. Cara paling mudah dan gampang adalah dengan memasang script disable klik kanan untuk mengaktifkan anti klik kanan pada blogger.


Untuk melindungi konten blog yang di copy paste oleh orang lain, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Memasang script anti klik kanan

Untuk memasang script anti klik kanan, caranya sangat mudah. Login ke akun blogger kemudian Add a gadget pilih HTML/JavaScript pada menu Design dan copy paste script dibawah ini.
<script>
var pesen="Tidak diperbolehkan klik kanan oleh admin!";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(pesen);return false;}}
function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(pesen);return false;}}}
if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;}
else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;}
document.oncontextmenu=new Function("alert(pesen);return false")
</script>

Kelebihan script anti klik kanan :
  1. Script dapat dieksekusi oleh sebagian besar internet browser.
  2. Script akan bekerja saat mouse melakukan aktifitas klik kanan pada semua area blog, jadi tidak hanya area postingan saja.
  3. Pada contoh script diatas, menggunakan pesan "Tidak diperbolehkan klik kanan oleh admin!", pesan tersebut akan muncul saat mouse melakukan klik kanan. Ganti sesuai pesan yang anda inginkan.
Kekurangan script anti klik kanan :
  1. Pada browser versi baru, script dapat ditembus setelah melakukan refresh dan melakukan klik kanan secara berulang-ulang.
  2. Dikarnakan script akan bekerja pada semua area blog, ada kemungkinan pesan yang muncul akan menganggu kenyamanan pengunjung blog, apalagi blog yang bertema Tutorial.
Screen schot penggunaan script anti klik kanan
script disable klik kanan


2. Memasang script disable klik kanan, blok dan copas

Perbedaan script disable klik kanan dari script anti klik kanan adalah disable blok pada artikel atau menandai artikel, paragraf, kalimat maupun kata. jadi mouse tidak akan dapat melakukan copy CTRL+C dan paste CTRL+V konten artikel yang terdapat dalam blog karena mouse tidak diijinkan melakukan blok baik dengan klik kanan maupun 3x klik kiri.

Untuk memasang script disable klik kanan caranya tidak sulit. Login ke akun blogger kemudian klik Edit HTML pada menu Design. cari kode <body> dalam menu Edit Template dan hapus kode <body> kemudian gantikan dengan script berikut.
<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>

Script diatas akan menonaktifkan klik kanan pada semua area <body>, sedangkan area diluar <body> tidak akan terpengaruh.


Efek Buruk Bagi Blog Yang Mengalami Pencurian Konten
Efek yang ditimbulkan dari korban pencurian artikel tidaklah main-main. Mulai dari menurunnya posisi artikel blog di search engine sampai anggapan duplicate content oleh google search engine meskipun nyatanya blog tersebut merupakan korban kaum copaser.

Mencari Pelaku Pencuri Artikel
Untuk mencari blog mana yang melakukan copy paste artikel dari blog anda, copy beberapa kalimat dalam artikel blog anda dan tambahkan double quotes (" ")pada awal dah akhir kalimat tersebut kemudian lakukan pencarian pada google search.
Gunakan variasi kalimat pencarian untuk menemukan si tersangka, mulailah mencari dari artikel blog yang paling populer atau artikel yang anda curigai menjadi korban copy paste.

Contoh artikel yang kang topjer cek lewat google search :
"Berawal dari lambatnya koneksi internet yang saya pakai, menyebabkan loading time yang lama dan menjengkelkan maka mulailah proses tweaking mozilla firefox."

Hasil pencarian tersangka yang melakukan copy paste artikel tanpa permisi :
http://www.scribd.com/doc/82665830/Rahasia-Mempercepat-Koneksi-Internet-Firefox
http://peynopea.blogspot.com/2012/01/cara-mudah-mempercepat-internet-config.html
http://ryosignart.blogspot.com/2012/01/tips-mempercepat-kinerja-mozilla.html
http://el-gr.facebook.com/syncter/posts/135303959924332
http://akbarmajid.blogspot.com/2011/12/rahasia-mempercepat-koneksi-internet.html
http://tkj1smk509.blogspot.com/2012/01/tips-mempercepat-koneksi-internet.html
http://balwelhl.blogspot.com/2011/11/rahasia-mempercepat-koneksi-internet.html
http://relaladyrose.blogspot.com/2011/12/internet.html

Cara Melawan Pencurian Konten Artikel
Untuk melaporkan pencurian konten artikel blog sebenarnya tidak sulit, cukup meluncur ke http://support.google.com dan isikan data-data yang diperlukan untuk memberikan bukti bahwa blog anda sudah menjadi korban copy paste tanpa permisi.

Etika Copy Paste Seorang Blogger
Sebagai seorang blogger yang menghargai karya sesama blogger, copy paste suatu kontent artikel hendaknya diawali dengan ijin atau permisi kepada admin blog baik melalui komentar maupun kontak admin secara langsung. dan kang topjer yakin bila anda meminta ijin secara baik-baik, admin akan dengan senang hati mengizinkan artikelnya dipublikasi ulang di blog lain.

0 komentar:

Posting Komentar